Thursday, November 24, 2016

7 kecerdasan dasar manusia yang mungkin kita tidak sadar memilikinya




menurut Dr. Howard Gardner dalam buku Brain Fitness, esensi kecerdasan adalah kemampuan untuk menyelesaikan, memecahkan masalah atau kesulitan, dan kemampuan untuk menemukan dan menciptakan permasalahan, yang mana di jadikan dasar dari pembelajaran.

Dr. Gardner mengidentifikasi bahwa seluruh manusia hidup itu memiliki kemampuan intelejensia yang mendalam dan beraneka ragam yang membuat kita semua sangat tertarik dengan seluruh ide tentang pengembangan diri dan menguasai bakat-bakat tertentu yang menjadi fokus diri kita masing-masing.

di bawah ini adalah tujuh kecerdasan dasar yang secara tidak sadar mungkin kita telah memilikinya:

1. kecerdasan bahasa ( Linguistic ): 

yaitu keahlian manusia yang mampu mengingat dan memahami baik berbicara maupun menulis, ini termasuk memahami banyak kosa kata, tata bahasa, orang yang mengasah kemampuan ini lebih mendalam biasanya memiliki kemampuan untuk belajar dan bicara beberapa bahasa asing dengan cepat.

dan biasanya orang dengan kecerdasan ini adalah seorang penulis yang natural, yang biasanya di miliki oleh seorang penulis puisi, seorang pembicara, seorang ahli debat, pengacara, dan guru.


2. kecerdasan Musik ( Musical ):

kemampuan luar biasa manusia untuk dengan memahami dan menguasai instrument music, notasi dan irama musik. beberapa manusia yang melatih dengan intens kemampuan ini atau memiliki kelebihan tingkat kecerdasan musikal diatas rata-rata bahkan bisa menguasai instrument musik dengan sangat cepat.

biasanya di miliki oleh para musisi, penyanyi, dan komposer.

3. kecerdasan logika matematika ( Logical Matematic ):

kemampuan manusia untuk memecahkan masalah secara matematis dan keterhitungan teknis, bahkan tingkat komputasi yang kompleks diluar kepala, orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh seorang ahli financial, pakar matematika, dan fisika.

4. kecerdasan spasial ( Spatial ):

kemampuan untuk mengenali, memindah benda, mengingatnya secara mental,
dan memanipulasi bentuk, bahkan merubahnya sesuai gambaran visual nyata yang terletak di dalam memori.

kemampuan spasial yang terasah ini biasanya di miliki oleh para artis, pelukis, seniman patung, arsitek, penemu, atau seorang pemain catur yang hebat.

5.kecerdasan fisik kinestetik ( Bodily Kinestetic ):

kecerdasan yang berakar dari pergerakan tubuh, dimana tubuh mampu menjaga koordinasi saat bergerak atau pada saat melakukan aktivitas fisik, yang memungkinkan manusia memiliki reflek yang baik dan kemampuan untuk menangkap benda-benda yang bergerak.

orang-orang dengan kecerdasan ini biasanya adalah seorang perenang yang ahli, atlet profesional, ahli beladiri, seorang penari, dan pakar akrobatik.

6. Interpersonal:

kemampuan memahami orang lain ( social skill ) secara peka membaca bahasa tubuh, secara natural merasakan moods, motivasi , dan emosi orang lain. mereka yang terbiasa mengasah kemampuan interpersonal biasanya memiliki rasa empati yang mendalam terhadap orang lain.

biasanya di miliki oleh para terapis, perawat, dokter, dan pemimpin politik.

7. personal :

kecerdasan mendalam dalam menggali kemampuan diri sendiri dan menggunakan kemampuan ini untuk memahami setiap prilaku dalam dirinya. orang yang mendalami kecerdasan ini biasanya dimiliki oleh para aktor, psikolog, dan penulis.



setelah kita sudah mengetahui 7 kecerdasan manusia diatas, kira-kira kita termasuk yang mana ya?

jawablah quiz di bawah ini untuk melihat kemampuan dan bakat anda mana yang paling dominan. jawablah dengan "ya" atau "tidak" lalu cocokan jawaban "ya" dengan kunci jawaban di bawah.


1. saat mendengar bunyi-bunyi atau suara dari luar jendela anda, apakah anda secara reflek mengambilnya sebagai nada atau menerimanya sebagai informasi instrument sehingga anda mengeluarkan kertas catatan ?

2. bisakah anda dengan mudah menggunakan peta tanpa harus memutar-mutarnya untuk mensejajarkan diri anda ke utara ?

3. anda suka menikmati musik sambil berjoget dan sungguh bagus dalam hal itu ?

4. apakah anda masih ingat suatu kalimat dari materi yang pernah anda pelajari di sekolah atau sekilas ucapan yang pernah anda dengar di masa kecil dulu ?

5. apakah anda secara sepontan bersimpati dan tersentuh kemudian berusaha membantu dengan orang yang pernah memiliki pengalaman yang buruk ?

6. anda mudah membayangkan jarak tempuh yang membutuhkan ratusan tahun cahaya ?

7. anda suka membaca buku-buku filosofi dan buku-buku motivasi diri yang sangat terdorong untuk introspeksi diri ?

8. anda suka menjadi psikiater ?

9. anda cepat menangkap nada tinggi dan rendah saat mendengarkan musik ?

10. saat mendengarkan orang bicara, secara otomatis anda mendengar saat mereka membuat kesalahan tata bahasa?

11. apakah anda menikmati kerumitan dalam proses belajar penggunaan software baru ?

12. anda suka menggambar, bahkan membuat doddling realistis orang dan benda ?

13. apakah anda memiliki kordinasi antara tangan dan mata? dan sangat suka sekali menggunakannya  ?

14. apakah teman-teman anda suka menanyakan pendapat pribadi anda soal perlakuan dan emosi orang ?



jawaban :

q. 1&9 = musik
q. 2&12 = spatial
q. 3&13 = Bodily-kinestatic
q. 4&10 = linguistic
q. 5&8 = Interpersonal
q. 6&11 = logical mathematic
q. 7&14 = personal

0 comments:

Post a Comment