Sunday, November 20, 2016

7 tanda bahwa kita sukses






hallo, selamat pagi sobat pembaca. tidak terasa ya hari senin datang lagi, semoga kita semua terus di limpahkan semangat dan kesehatan selalu oleh Tuhan YME, amin.

hari ini saya secara tidak sengaja  menemukan sebuah catatan-catatan belajar dari jurnal saya yang ingin saya bagikan ke sobat pembaca semua, yang saya pikir akan sangat bermanfaat buat kita semua, khususnya  bagi sobat-sobat yang saat ini sedang menekuni usaha, karier atau baik buat teman-teman yang saat ini belum punya usaha tetapi memiliki keinginan besar untuk memulai usaha sendiri.

baiklah, langsung saja...

pernahkah kita berfikir kira-kira usaha atau karier kita saat ini sudah sukses atau belum? apasih tanda-tandanya kalau kita ini sudah atau akan sukses? kira-kira apa saja parameter yang dapat kita ukur dalam melihat kesuksesan usaha kita? yuk, mari kita sama-sama belajar. inilah 7 tanda bahwa kita sudah sukses:

1.  klien atau customer melihat nilai lebih dari diri kita

kita mungkin memproduksi sebuah produk atau jasa yang sama yang mungkin tidak jauh berbeda dengan produk jasa yang dihasilkan dan dimiliki oleh orang lain, namun, yang benar-benar dilihat oleh customer atau klient tidak semata-mata jenis barang dan kualitas barang saja.

kita dapat mengambil pelajaran dari Nabi Muhammad SAW, dari masa-masa sebelum kenabiannya, beliau adalah seorang pedagang yang tidak jauh berbeda dengan pedagang-pedagang kebanyakan di masa itu, namun karena keadilan dan kejujuran beliau di pandang istimewa oleh kebanyakan pelanggan-pelanggan, sampai beliau mendapat gelar Al-Amin ( terpercaya ).

jadi pelajaran disini adalah, saat klien kita merasakan ke unikan atau nilai lebih dari diri kita, yang jika kita analisa bisa begitu banyak faktornya, bisa dari kualitas lebih dari produk atau jasa kita, atau bisa dari pembawaan dan kepribadian kita, atau perpaduan dari keduanya. bila klien merasakan hal itu ke kita, bisa dipastikan usaha kita akan sukses.

 Big Question:
  sudahkah anda memberikan nilai lebih terhadap klien atau customer anda?



2. mendapatkan rokumendasi atau rujukan dari klien

tidak ada hal yang lebih menyenangkan bagi kita pada saat mendengar klien atau customer kita puas dengan pelayanan kita, namun pada saat kita mendapatkan rokumendasi dari klien-klien itulah kebahagian yang sebenarnya terjadi.

saat kita melihat banyaknya klien-klien kita yang puas dan sangat merokumendasikan kita ke orang-orang lain, sudah dipastikan usaha kita sukses. jika belum, mari kita sering-sering menyenangkan klien dan kumpulkan banyak rokumendasi dari mereka. karena dari rokumendasi-rokumendasi itulah yang akan mengantarkan kita kepada klien-klien baru yang berpotensi menguntungkan buat usaha, atau profesi kita....

Big Question:
sudah kah anda melakukan yang terbaik untuk customer dan mendapatkan rokumendasi ?



3. kita menjadi lebih baik

mungkin kita semua pernah mendengar akan sebuah ucapan umum dimasyarakat, apa gunanya sih banyak uang tapi menderita, apa gunanya banyak gelar tapi tak belajar apapun dari semua itu, apa gunanya menjalani sesuatu tapi kita sama sekali tidak menikmatinya.

tak perlu dibahas lagi, usaha yang baik atau profesi yang bagus adalah dimana usaha atau profesi tersebut membuat kita  jadi jauh lebih baik secara personal. terlepas betapa sulitnya hal itu atau beratnya keadaan, tidak akan mengendurkan semangat kita, malah semakin membuat kita terpacu dan dengan mudah mempelajari dan meresap hal-hal positif dari setiap situasi.

jadi, apapun usaha atau profesi yang kita tekuni saat ini bila kita menikmati setiap tantangannya dan malah menjadikan diri kita jauh lebih baik dari sebelumnya, sudah dipastikan kita adalah orang yang sukses.

Big Question:
apakah anda jadi lebih baik terhadap dedikasi dan usaha anda selama ini?



4. kita melihat sebuah pertumbuhan

pertumbuhan disini adalah keadaan yang dihitung pada saat kita memulai suatu usaha atau profesi tersebut, pada saat kita melihat sebuah pertumbuhan yang nyata dari usaha kita, bisa penjualan yang meningkat, profit naik secara signifikan, kepercayaan yang semakin membaik, nilai investasi yang bertambah, budget cadangan yang terisi dan ter-orgenize lagi, jumlah customer yang meningkat, skill yang bertambah, dll. maka kita termasuk orang-orang yang sukses

Big Question:
sudahkah anda melihat pertumbuhan didalam usaha anda?


5. kita mencoba hal-hal baru

pernahkah kita merasa ingin melangkah kesesuatu yang baru atas segala pencapaian yang kita sudah raih selama ini? bisa karena berkurangnya tantangan atau sekedar mencari sebuah peluang yang unik, dan pada saat itu terjadi, apakah kita mulai mencari sesuatu yang sama sekali berbeda dari kebiasaan demi sebuah pencapaian yang lebih tinggi lagi dari sebelumnya? bila itu yang terjadi terhadap kita, berarti kita adalah termasuk golongan orang-orang yang sukses.


Big Question:
sudahkah anda mencoba hal-hal baru untuk lebih meningkatkan usaha dan karier anda?

6. lingkungan disekitar kita berubah

kita termasuk golongan orang-orang sukses bila kita merasakan sebuah perubahan positif  dilingkungan kita, buah dari dedikasi dan usaha yang kita tekuni, tidak hanya secara produksi, pengakuan, dan loyalitas, namun secara mentalitas terciptanya semangat dan nuansa baru yang lebih kondusif yang memungkinkan kita jauh lebih bisa produktif dari sebelumnya yang belum pernah kita rasakan pada saat kita dulu memulai karier atau usaha kita.

Big Question:
sudahkah anda merasakan perubahan positif di lingkungan anda?

7. kita tetap menyukai apa yang kita lakukan 

apakah kita, setelah sekian lama berkarir dan menjalankan usaha yang semakin berkembang, melewati begitu banyak fase dan tantangan, namun tak sedikitpun terlintas rasa bosan dan jenuh terhadap bidang yang kita lakukan, bahkan tetap membuat kita merasa haus dan tetap mencintai apa yang kita lakukan? jika iya, berbahagialah anda termasuk golongan orang-orang yang sangat sukses.

Big Question:
setelah sekian lama masihkah anda mencintai apa yang anda lakukan saat ini?


demikianlah artikel yang saya buat, semoga sedikit banyak bermanfaat bagi kita semua
selamat berjuang dan terus berkarya....


trimakasih
HilagaArt

0 comments:

Post a Comment